Home / Berita / Kadishub Bone Melepas Peserta Diklat ke Barombong
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bone Melepas Peserta Diklat ke Barombong, Minggu 11 Juni 2017

Kadishub Bone Melepas Peserta Diklat ke Barombong

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bone Drs.Asiswa Karim melepas peserta Diklat ke Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Dan Akademi Pelayaran Barombong (B2IP) di Stadion Lapatau Watampone, Minggu 11 Juni 2017. Kabupaten Bone mendapat kuota sebanyak 150 orang untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan tersebut.

Kegiatan diklat gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan tersebut bertujuan dalam upaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di bidang transportasi darat, laut dan udara.

Diklat tersebut merupakan salah satu program unggulan Kementerian Perhubungan untuk menjawab tingginya kebutuhan tenaga handal di sektor transportasi.Penyelenggaran diklat tersebut merupakan realisasi Peraturan Pemeirintah Nomor 78 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal dan PP Nomor 51 Tahun 2012 tentang SDM di Bidang Transportasi.

Diklat ini bersifat short course, paling lama digelar 2 minggu. Setelah mengikuti diklat, peserta akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk bekerja.

Untuk sistem perekrutan calon peserta diklat, dilakukan pemerintah daerah secara selektif. Peserta yang lolos diseleksi dari Dinas Perhubungan.

Diklat ini disiapkan untuk para lulusan SMA/sederjat, yang belum mendapatkan pekerjaan. Bahkan, untuk mereka yang lulusan SMP/sederajat, akan ditawarkan profesi di sektor transportasi.

“Untuk tahun ini, diklat pemberdayaan masyarakat ini diutamakan diberikan kepada masyarakat golongan tidak mampu, daerah-daerah yang memiliki kesenjangan tinggi, dan pulau-pulau terpencil. Ini dilakukan sebagai bentuk kongkret implementasi program nawacita pemerintah.

Oleh Karena itu Diklat Pemberdayaan Masyarakat di BP2IP Barombong itu diharapkan peserta nantinya bisa bekerja yang lebih baik dengan pendidikan yang diperolehnya selama mengikuti diklat.

Kepala Dinas Perhubungan Drs.Asiswa Karim, dalam arahannya kepada generasi muda yang mengikuti Diklat menitipkan pesan agar mereka dapat mengikuti secara sungguh-sungguh. Diklat Pelayaran yang tidak dipungut biaya alias gratis tersebut program Kementrian Perhubungan RI.

“Kami mengharapkan semua generasi muda yang mengikuti kegiatan ini untuk tetap menjaga nama baik keluarga dan juga daerah saat berada dilokasi Diklat,” harapnya.

Asiswa menjelaskan, pihaknya memfasilitasi keberangkatan para generasi muda ini ke Makassar secara bergelombang dari 150 kouta untuk kabupaten Bone.

“Program Pemberdayaan berupa Diklat Pelayaran dari Kementerian Perhubungan ini untuk memproduksi tenaga kerja pelayaran dalam maupun luar negeri. Untuk gelombang pertama hari ini kami barangkatkan sebanyak 30 Orang, selebihnya nanti kita berangkatkan setelah lebaran,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *